Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Diminta Perhatikan UMKM

Kompas.com - 26/03/2013, 20:36 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Pemimpin Bank Indonesia Balikpapan, Kalimantan Timur, Tutuk SH Cahyono mengajak kalangan perbankan untuk memerhatikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai pasar potensial penyaluran kredit. Kepatuhan membayar kredit UMKM juga dinilai bagus.

"Saya berharap pelaku UMKM juga menikmati jasa layanan perbankan lebih baik," ujar Tutuk saat memberi sambutan dalam pembukaan dua kantor kas Bank Negara Indonesia (BNI) di Balikpapan yakni Kantor Kas Pasar Segar dan Kantor Kas Kariangau, Selasa (26/3/2013).

Menurut Tutuk, dari kepatuhan membayar kredit, UMKM di Balikpapan malah lebih baik daripada kalangan non-UMKM. Perkembangan kredit mikro untuk bulan Februari lalu 56 persen, naik dari sebelumnya yakni Januari yang 35 persen. Artinya, menikmati juga layanan perbankan.

"Potensinya besar. Jadi, tidak ada alasan perbankan untuk tidak terjun ke bawah, menyasar ke individu-individu pelaku UMKM. Perbankan jangan hanya melihat yang di atas, tapi juga yang di bawah ini," ucap Tutuk. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com