Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKF Palembang: Via "Online" Oke, Manual Pun Bisa

Kompas.com - 27/03/2013, 12:02 WIB
Farid Assifa

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Kompas Karier Fair menawarkan dua pilihan kepada para jobseeker untuk melamar pekerjaan kepada perusahaan peserta KKF di gedung Syalendra Hotel Sandjaja, Kota Palembang, Rabu (27/3/2013), yakni melalui online atau berupa lamaran hard copy.

Project Manager Kompaskarier.com, Marine Novita, menjelaskan, untuk lamaran via online, jobseekers sudah disediakan meja panjang sisi kiri dalam pintu masuk gedung Syalendara. Di sana berjejer beberapa laptop yang sudah terkoneksi dengan internet.

"Para jobseeker tinggal mengisi formulir riwayat hidup yang sudah disediakan via online," kata Marine kepada Kompas.com di sela acara, Rabu (27/3/2013).

Pilihan lainnya, jobseekers bisa langsung menyerahkan lamaran berupa hard copy ke stan perusahaan. Nanti biasanya perusahaan pada sore harinya menyeleksi berkas lamaran jobseekers. Mereka yang lolos seleksi administrasi akan dipanggil untuk tes lanjutan keesokan harinya di tempat yang sama.

Menurut Marine, kebanyakan jobseekers di daerah, yang melamar pekerjaan, langsung menyerahkan hard copy, termasuk jobseekers di KKF Palembang.

"Karena memang di daerah lamaran via online belum begitu populer. Tapi, kalau di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, 100 persen online," beber Marine.

Kendati lamarannya masih manual, perusahaan tetap menerimanya dengan baik. Setidaknya, menurut Marine, KKF ini mampu mempertemukan langsung antara jobseekers dan perusahaan.

"Itu salah satu tujuan kami menggelar Kompas Karier Fair," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com