Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Alih Daya Masih Diminati

Kompas.com - 28/03/2013, 18:28 WIB
Farid Assifa

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com — Kendati sering didemo oleh para buruh, tapi perusahaan outsourcing (alih daya) ternyata masih diminati.

Hal itu seperti yang terlihat di stan Dapensi Trio Usaha, salah satu mitra PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) di Kompas Karier Fair (KKF) Kota Palembang. Banyak pula job seeker yang melamar ke perusahaan alih daya ini.

Staf operasional Dapensi Trio Usaha, Yusuf Ridwan, mengatakan, pelamar ke WOM Finance melalui Dapensi pada Kompas Karier Fair KKF hari pertama, Rabu (27/3/2013), mencapai 100 orang lebih. Sementara di hari kedua, Kamis (28/3/2013), hingga pukul 13.00 sebanyak 60 orang. Namun, jumlah itu masih sementara.

“Kemungkinan menjelang sore akan bertambah. Itu (60 orang) baru hingga pukul 13.00,” kata Ridwan kepada Kompas.com di sela istirahat menikmati makan siang di restoran Hotel Sandjaja, Kamis (28/3/2013).

Dengan jumlah pelamar ke Dapensi sebanyak itu, kata Ridwan, menunjukkan bahwa orang masih berminat bekerja melalui perusahaan alih daya. Pihaknya pun sebelum menerima berkas lamaran, memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada job seeker bahwa perusahaan yang dilamarnya adalah alih daya.

“Dan mereka oke-oke saja. Bahkan ada yang masih bekerja di perusahaan lain tapi melamar ke kami. Alasannya sih untuk mencari tantangan baru,” katanya.

Bekerja di perusahaan alih daya hampir sama dengan perusahaan lainnya. Menurutnya, pekerja juga mendapatkan hak-hak selain gaji, seperti asuransi kesehatan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), tunjangan hari raya (THR), dan tunjangan lainnya.

“Bahkan melalui kami, pekerja dan keluarganya mendapatkan jatah beras seperti pegawai negeri sipil. Tiap jiwa mendapatkan 10 kilogram. Kalau dalam keluarga ada tiga jiwa, berarti dapat jatah beras 30 kilogram,” katanya.

Selain itu, manfaat lainnya adalah asuransi kesehatan. Sama seperti perusahaan di luar alih daya, Dapensi juga memberikan asuransi kesehatan untuk semua anggota keluarga, baik untuk pengobatan maupun perawatan.

“Jadi pada intinya hampir sama dengan perusahaan lain. Adapun banyak pekerja yang unjuk rasa, itu wajar karena manusia tidak akan pernah ada puasnya,” katanya.

Perusahaan Dapensi Trio Usaha ini menawarkan banyak pekerjaan untuk ditempatkan di WOM Finance. Salah satunya adalah management trainee.

Menurut Ridwan, dua syarat untuk melamar di perusahaannya adalah mulai dari lulusan SMA hingga sarjana. Usia maksimal 35 tahun untuk lulusan sarjana. “Kualifikasi lainnya yang penting adalah bahwa calon pelamar harus jujur, ulet, dan tekun,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com