Senin, 1 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Kompas Karier Fair Palembang Menarik 1.000 Jobseeker

Kamis, 28 Maret 2013 | 22:26 WIB

Terkait

PALEMBANG, KOMPAS.com – Kompas Karier Fair yang digelar di gedung Syailendra Hotel Sandjaja, 27-18 Maret 2013, berhasil menyedot sekitar 1.000 pencari kerja atau jobseeker. Kegiatan tersebut terbilang cukup sukses kendati ada beberapa yang kurang memenuhi harapan.

Secara keseluruhan ada 15 perusahaan yang menawarkan lowongan di sana seperti dari Kompas Gramedia, PT Astra International, PT Paragon Technology and Innovation, serta perusahaan lainnya.

Dengan jumlah kunjungan jobseeker sebanyak itu, Project Manager KompasKarier.com, Marine Novita mengaku kurang memenuhi harapan.

Menurut Marine, kurang memuaskannya jumlah pengunjung Kompas Karier Fair di Palembang disebabkan beberapa faktor. Pertama sebagian jobseeker di Palembang belum mengenal betul KompasKarier.com. Padahal, kata dia, KompasKarier.com merupakan bagian dari grup Kompas Gramedia yang sudah banyak dikenal.

Lalu yang kedua, banyak jobseeker, terutama fresh graduate, yang masih memiliki mindset ingin langsung mendapatkan pekerjaan nyaman. Akhirnya mereka ragu untuk datang dan melamar. Jobseeker yang memiliki karakter seperti itu banyak.

"Banyak jobseeker yang tanya-tanya ini pekerjaannya ke lapangan atau di belakang meja. Kebanyakan mereka ingin langsung bekerja di belakang meja," katanya, Kamis (28/3/2013).

Menurutnya, rata-rata para pencari kerja yang baru lulus itu ingin mendapatkan pekerjaan yang enak-enak. Padahal, seharusnya mereka mencoba dulu melamar untuk mendapatkan pengalaman kerja. "Kan yang sekarang kerja di belakang meja itu awal-awalnya dari lapangan juga," ungkap Marine.

Oleh karena itu untuk ke depan, dia berharap para jobseeker, terutama yang baru lulus, agar mencoba dahulu melamar pekerjaan agar nanti mendapatkan pengalaman kerja. Daripada menganggur terlalu lama, lebih baik jobseeker mencari pengalaman kerja.

Terkait agenda Kompas Karier Fair selanjutnya, Marine mengungkapkan kegiatan serupa bakal segera hadir di Balai Kartini, Jakarta pada 27 hingga 28 April mendatang. Bursa kerja ini akan melibatkan 200 perusahaan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Farid Assifa
Editor : Tri Wahono