Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Terbitkan Obligasi Global Berbunga Terendah

Kompas.com - 31/03/2013, 14:20 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah sukses menerbitkan senior unsecured bonds senilai 500 juta dollar AS. Obligas global tersebut memiliki fixed rate coupon sebesar 2,95 persen, terendah di pasar internasional.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan obligasi global ini memiliki jangka waktu lima tahun, yang telah diterbitkan sejak 28 Maret 2013. Obligasi ini diterbitkan kepada investor-investor institusional berdasarkan Regulation S. "Dengan kupon yang terendah di antara semua obligasi dalam mata uang dollar AS yang diterbitkan oleh perusahaan Indonesia di pasar oblogasi internasional ini mencerminkan bahwa fundamental keuangan BRI kuat," kata Ali dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (31/3/2013).

Selama masa penawaran, BRI telah menerima pesanan dari 165 investor dengan nilai yang mencapai 2,65 miliar dollar AS atau terdapat kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 5,3 kali. Sehingga Obligasi tersebut dapat ditawarkan dengan imbal hasil 3,125 persen atau 25 basis poin dibawah panduan penawaran harga awal.

BRI akan menggunakan dana bersih yang dihasilkan untuk keperluan pendanaan umum serta memperkuat struktur pendanaan BRI. Obligasi ini memperoleh rating Baa3 dari Moody's dan BBB- dari Fitch serta akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange pada tanggal 2 April 2013. BRI menunjuk Citigroup Global Markets Limited dan Standard Chartered Bank sebagai Joint Bookrunners dan PT Bahana Securities sebagai co-manager untuk menangani penawaran obligasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com