Kamis, 30 Maret 2017

Ekonomi

Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA yang Sederhana

Selasa, 2 April 2013 | 17:52 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Merek IKEA sudah menyebar luas di seluruh penjuru dunia. Siapa saja yang mencari peralatan rumah tangga, IKEA menjadi salah satu gerai yang menjadi tujuan utama. Selain banyak pilihan, memiliki peralatan dengan merek ini adalah prestise tersendiri.

Siapa yang menyangka tokoh di balik suksesnya IKEA adalah sosok yang sangat sederhana. Sebagai pendiri IKEA, Ingvar Kamprad, dikenal sebagai tokoh yang berhasil melakukan revolusi desain interior.

Pribadi yang sederhana itu juga ternyata merupakan orang kaya nomor lima di dunia. Kamprad, yang pada akhir Maret lalu genap berusia 88 tahun, tinggal di rumah yang sederhana, lebih memilih makan di restoran IKEA, dan hanya terbang di kelas ekonomi.

Padahal, dengan keuntungan bersih tahunan yang mencapai 3,2 miliar poundsterling, Kamprad bisa membeli pesawat jet pribadi.

Kamprad juga senang berbelanja pada sore hari di pasar dekat rumahnya, dengan harapan bisa mendapatkan keperluan dengan harga miring.

Pernah diusir

Gaya hidupnya yang sederhana juga pernah membuatnya diusir dari acara penghargaan bisnis gara-gara ia datang ke tempat acara dengan menggunakan bus kota.

Ada perilaku yang cukup unik, setelah makan di kafe, kadang ia membawa pulang lada dan garam.

IKEA yang didirikan di Swedia pada 1958 mendominasi pasar furnitur dunia. Perusahaan ini memiliki toko di 44 negara dengan penjualan per tahun menembus angka 27,6 miliar pounds.

Produk IKEA begitu dominan sehingga satu dari 10 warga Eropa dilahirkan dari "proses pembuahan" di atas tempat tidur buatan perusahaan ini.

Wah, kesederhanaannya sangat menginspirasi ya. Anda mau meniru yang mana? (Dyah Megasari/Kontan)

Editor : Erlangga Djumena