Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soros: Emas Telah Runtuh sebagai Aset Aman

Kompas.com - 08/04/2013, 09:57 WIB
Didik Purwanto

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com — Miliuner George Soros memiliki pandangan tersendiri soal emas. Baginya, emas saat ini telah runtuh sebagai aset yang aman (safe haven).

Dalam sebuah wawancaranya dengan koran populer di Hongkong, South China Morning Post, yang dikutip Business Insider, Soros mengatakan, emas sebagai safe haven yang paling utama telah mengecewakan publik. 

"Saat euro melorot ke level terendahnya tahun lalu, sebenarnya harga emas juga turun. Karena bila orang-orang memerlukan sesuatu untuk dijual, mereka bisa menjual emasnya. Saat mereka menjual emasnya, maka harga emas ini juga akan turun sama dengan yang lainnya," ucap Soros.

Menurut Soros, emas telah hancur sebagai aset yang aman. Artinya, emas memang terbukti tidak aman. Saat harga emas anjlok, orang-orang menjadi kecewa dan mengurangi kepemilikannya terhadap logam mulia ini.

"Namun, bank sentral akan terus membeli emas. Jadi, saya tidak mengharapkan emas akan terus turun," kata Soros.

Investor kakap ini menjelaskan, jika seseorang memiliki harapan terhadap krisis, maka orang tersebut tidak akan khawatir terhadap nilai aset emas yang terus berfluktuasi setiap hari. "Jadi, emas memang akan fluktuatif dalam perdagangan sehari-hari. Tidak ada tren tertentu untuk jangka panjang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com