Jumat, 24 Oktober 2014

News / Bisnis & Keuangan

Sail Komodo 2013 Tingkatkan Ekonomi Masyarakat NTT

Selasa, 9 April 2013 | 05:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sail Komodo 2013 resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono. Peluncuran tersebut diadakan di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (8/4/2013) mundur beberapa hari dari jadwal yang semula direncanakan 27 Maret 2013.

Sail Komodo merupakan bagian dari Sail Indonesia yang sudah diselenggarakansetiap tahun sejak 2009 dengan nama Sail Bunaken, Sail Morotai, Sail Banda, Sail Wakatobi-Belitong, dan Sail Morotai Menurut Menko Kesra, Sail Komodo 2013 kali ini mengambil tempat di NTT karena kami melihat beberapa index di NTT masih rendah dan tingkat kemiskinan masyarakat NTT yang masih tinggi.

"Sail Komodo ini merupakan kontribusi untuk menyejahterakan masyarakat NTT, menekan tingginya tingkat kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran," ujar Agung Leksono.

Menurut Direktorat Jendral Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Firmansyah Rahim, kegiatan Sail Indonesia di beberapa tempat sebelumnya telah membuktikan keberhasilan program tersebut dalam meningkatkan infrastruktur pariwisata.

"Di Bunaken kini muncul delapan hotel baru dengan total penambahan 1000 kamar. Di Banda, selain ada perbaikan infrastruktur jalan, jumlah hotel juga bertambah antara enam sampai delapan hotel. Hal serupa terjadi di Wakatobi dengan penambahan tujuh hotel dan di Bangka Belitung bertambah delapan hotel," paparnya.  


 


Penulis: Angger Andreas
Editor : Robert Adhi Ksp