Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Perumahan AS Terus Membaik

Kompas.com - 17/04/2013, 08:24 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor perumahan di Amerika Serikat terus menunjukkan perbaikan. Ini menambah kepercayaan diri investor dan pelaku pasar modal global. Pembangunan rumah baru untuk tipe multifamily di AS naik 7 persen dibanding tahun sebelumnya pada Maret menjadi 1,04 juta, mencapai level tertingginya dalam lima tahun terakhir.

Kenaikan ini didukung dengan suku bunga pinjaman rumah yang sangat rendah, dan rendahnya angka inflasi. Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Rabu (17/4/2013), data lain yakni produksi total di sektor industri yang meliputi manufaktur, pertambangan, dan utility, juga naik 0,4 persen dalam bulan Maret ini.

Namun ekonomi AS dikhawatirkan masih belum pulih secara kuat di tengah ancaman pemangkasan defisit anggaran otomatis dan masih lemahnya ekonomi global. Dari Jerman, keyakinan investor melambat dan pemerintah Korea Selatan mengumumkan menambah anggaran untuk menopang pertumbuhan. Hal itu dilakukan di tengah tekanan pelemahan nilai tukar yen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com