Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero Perkirakan Kuota BBM Jebol Lagi

Kompas.com - 23/04/2013, 19:58 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik memastikan bahwa kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di tahun ini akan jebol lagi. Prediksinya, kuota BBM bersubsidi akan melonjak hingga 48,5 juta kilo liter (KL). Tahun ini, pemerintah hanya menargetkan kuota BBM bersubsidi sebesar 46 juta KL.

"Tahun lalu saja realisasi konsumsi BBM bersubsidi sudah mencapai 45,2 juta KL. Tahun ini dipastikan akan melebihi 46 juta KL. Kami sudah hitung kuota akan tembus menjadi 48,5 juta KL. Itu angka yang sudah kelihatan," kata Jero saat ditemui selepas rapat koordinasi tentang solar di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Dengan perkiraan konsumsi BBM bersubsidi yang berlebih di tahun ini, maka pihaknya akan mengajukan penambahan kuota BBM bersubsidi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013.

Jero melihat perkembangan konsumsi BBM bersubsidi masyarakat akan meningkat seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Konsumsi energi berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi 6,5 persen ditambah konsumsi energi masyarakat sekitar 8 persen per tahun," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com