Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Catat Penjualan Mobil Tertinggi Dunia

Kompas.com - 24/04/2013, 22:53 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com- Toyota mencatat sebagai produsen dengan tingkat penjualan otomotif tertinggi di dunia pada triwulan pertama 2013, sekalipun tercatat mengalami penurunan penjualan di China dan Jepang.

Penjualan Toyota bersaing ketat dengan penjualan General Motors dari AS dan Volkswagen dari Jerman. Kantor berita AP, Rabu (24/4/2013), melaporkan, laporan dari Toyota Motors Corp menyebutkan penjualan mobil mereka pada tiga bulan pertama tahun 2013 mencapai 2,43 juta unit. Jumlah ini melampaui angka penjualan General Motors 2,36 juta unit dan Volkswagen AG sebesar 2.27 juta unit.

Penjualan Toyota pada triwulan I tahun 2013 ini turun 2,2 persen dibanding penjualan pada perideo yang sama tahun lalu. Sementara angka penjualan General Motors naik 3.6 persen dan Volkswagen naik 5,1 persen.

Total penjualan General Motors atau GM pada triwulan I tahun 2013 hanya kurang 69.000 unit dari produksi dan penjualan Toyota. Toyota mengakui produksi Prius yang merupakan mobil hibrida dan Camry tetap menjadi yang pertama dari penjualan produk Toyota sebagaimana juga terjadi tahun lalu.

Penjualan Toyota sempat kalah dibanding penjualan GM pada tahun 2012 setelah dilanda bencana Tsunami dan gempa bumi di Jepang timurlaut pada Maret 2012. GM menjadi produsen mobil nomor satu dunia selama tujuh decade sebelumnya akhir diambil alih predikat ini oleh Toyota pada tahun 2008 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com