Jumat, 19 Desember 2014

News / Bisnis & Keuangan

Spekulator Kakap Kembali Buru Emas

Senin, 29 April 2013 | 08:01 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Para hedge fund dunia kembali mengakumulasi emas. Berdasarkan data yang dirilis US Commodity Futures Trading Commission, hedge fund dan spekulator emas kelas kakap dunia mengempit 69.726 kontrak emas jangka pendek pada 23 April lalu. Angka tersebut hanya selisih 0,6 persen dari level tertingginya sepanjang sejarah yang tercapai pada enam pekan sebelumnya.

Data yang sama juga menunjukkan, kepemilikan kontrak emas jangka panjang turun 25 persen menjadi 46.168 kontrak futures dan options.

Aksi beli tersebut disinyalir dipicu oleh sejumlah faktor. Pertama, harga emas menorehkan reli tertinggi dalam 15 bulan terakhir seiring tingginya permintaan koin dan perhiasan emas. Sekadar informasi, harga emas sudah reli 10 persen sejak menyentuh level terendah dalam dua tahun pada 16 April lalu.

Faktor yang kedua, Goldman Sachs Group Inc mengakhiri rekomendasinya untuk menjual si kuning tersebut.

"Terlihat bahwa harga emas sudah kembali ke posisinya dalam waktu yang sangat singkat. Setelah terjadi penurunan dalam, permintaan melonjak sangat cepat. Bank sentral banyak yang membeli emas, dan terjadi permintaan koin emas yang menembus rekor tertinggi di seluruh dunia," urai Donald Selkin, Chief Market Strategist National Securities Corp di New York.

Meski demikian, kepemilikan emas dalam exchange traded products (ETP) pada tahun ini anjlok 13 persen menjadi 2.183,57 ton pada tahun ini. Level tersebut merupakan level terendah sejak Oktober 2011 lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)


Editor : Erlangga Djumena
Sumber: