Senin, 1 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Dahlan Wajibkan Dirut BUMN Mengajar di Sekolah

Kamis, 2 Mei 2013 | 11:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan seluruh direktur utama badan usaha milik negara (BUMN) untuk mengajar di jenjang pendidikan dasar dan lanjutan menyambut Hari Kebangkitan Bangsa.

"Seluruh Dirut BUMN, tidak ada kecuali, harus mau mengabdikan diri membagi ilmu yang dikuasainya kepada anak-anak sekolah," katanya seusai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di Kantor Pusat Jamsostek, Jakarta, Kamis.

Menurut Dahlan, program "Dirut BUMN Mengajar Sekolah" ini selain meningkatkan ilmu pengetahuan siswa, juga menjadi bagian dari pengabdian BUMN kepada lingkungan dan masyarakat.

Ia mengaku, ide agar Dirut BUMN ikut terjun ke masyarakat untuk membagi ilmu datang dari Rektor Universitas Paramadina Prof Anies R Baswedan.

"Pemikiran Anies Baswedan ini bagus dan sangat mulia, jadi harus ditindaklanjuti," katanya. Para Dirut BUMN, kata Dahlan, bisa menjadi inspirasi bagi para siswa sekolah dasar dan lanjutan dengan cara mengajari mereka, mulai dari bagaimana membentuk sebuah perusahaan, mengelola pengusaha, hingga bagaimana membuat perusahaan bisa tetap berkembang.

Adapun teknis dan metode pengajaran yang akan diberikan oleh para dirut tersebut disesuaikan dengan lokasi dan bidang ilmu yang dimiliki, misalnya Pertamina mengajarkan soal pengelolaan migas, PLN memberikan pemahaman soal kelistrikan dan hemat listrik, dan Bank BUMN soal pembiayaan dan lainnya. Saat ini, jumlah BUMN mencapai 142 perusahaan.

"Seorang dirut bisa mengajar di 2-3 sekolah. Jadwalnya bisa disesuaikan, dicari waktu yang tidak mengganggu pekerjaan," ujarnya.


Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: