Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Republikan Penghindar Pajak Diburu

Kompas.com - 14/05/2013, 11:40 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dinas Pendapatan AS (IRS) di Washington menyelidiki kelompok konservatif yang kerap kali menghindari pajak. Hal itu juga telah dilakukan IRS cabang Cincinnati dan IRS di Negara Bagian California.

Pihak IRS menyatakan ada kelompok konservatif, yang merupakan bagian dari anggota legislatif Partai Republik ini, mengejar status "miskin".

Status ini akan membuat mereka bisa membayar pajak yang rendah. Lois G Lerner seorang pejabat IRS, sebagaimana diberitakan di situs The Washington Post, edisi Selasa (14/5), kepada para wartawan menyatakan langkah -langkah tidak benar telah dilakukan kelompok "Tea Party", "Patriot", dan "9/12". Ini adalah kelompok sempalan Partai Republik, yang gencar menolak kenaikan pajak.

Senator Orrin G Hatch (Republikan-Utah), anggota Komite Keuangan Senat AS, mengkritik tindakan IRS. Dia menyerang aksi IRS yang sengaja gencar menargetkan kelompok konservatif pemburu keringanan pajak. AS kini terimbun utang dan memerlukan kebijakan kenaikan pajak untuk mengatasi defisiti anggaran negara. Namun kebijakan ini selalu ditentang Republikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com