Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Ban Tak Khawatir Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 14/05/2013, 19:38 WIB
Haris Firdaus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan produsen ban tidak terlalu mengkhawatirkan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat ini.

Mereka juga belum memutuskan apakah akan menaikkan harga ban atau tidak bila harga BBM dinaikkan.

Asisten Sales and Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Paduli, mengatakan, pihaknya tidak terlalu khawatir dengan rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

"Pemerintah memang mempunyai rencana menaikkan BBM, tapi kami tidak terlalu mengkhawatirkannya," katanya saat ditemui di area uji coba Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (14/5/2013).

Frankie memaparkan, kenaikan harga BBM tidak otomatis akan membuat harga ban naik. Pasalnya, sebelum menaikkan harga ban, produsen perlu menganalisis situasi pasar terlebih dulu.

"Saat ini saya belum bisa mengatakan apakah kami akan menaikkan harga atau tidak bila harga BBM naik. Hal itu masih tergantung kondisi pasar juga," papar dia.

Ia menambahkan, alih-alih membebani, kenaikan harga BBM justru bisa membuka peluang baru bagi produsen ban.

Pasalnya, penjualan ban ramah lingkungan justru berpeluang naik. Bridgestone memang baru saja meluncurkan ban ramah lingkungan dengan merek Ecopia EP150.

Ban itu diklaim bisa menghemat pemakaian BBM hingga 3 persen lebih sedikit dibandingkan ban produksi Bridgestone lainnya.

Karena lebih hemat pemakaian BBM, Ecopia EP150 juga menyumbang emisi karbondioksida lebih rendah sehingga ban ini diklaim sebagai ban ramah lingkungan.

"Kami optimis Ecopia EP150 bisa meraih lebih banyak pembeli karena ban ini lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar," ujar Frankie.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com