Rabu, 24 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Bursa Tokyo Lompat ke Level Tertinggi dalam 5 Tahun

Rabu, 15 Mei 2013 | 14:13 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Indeks saham di bursa Tokyo melonjak 2,29 persen pada perdagangan siang hari ini, dan mendekati level tertingginya dalam lima tahun terakhir, menyusul bergairahnya Wall Street serta pelemahan yen.

Indeks Nikkei naik 337,61 poin dan mendekati posisi 15.096,03, atau level tertinggi sejak 28 Desember 2007, ketika indeks Topix berada di level 1.79 persent, atau 22,05 poin berada di 1.252,85.

“Pelemahan yen diyakini oleh para investor bisa membantu menggerakkan perekonomian, sehingga hal ini membuat indeks di bursa Tokyo menguat di posisi tertingginya," ujar General Manager of Equities SMBC Nikko Securities Hiroichi Nishi.

"Perdagangan yang dilaksanakan di pasar primer Jepang cukup besar, dengan jumlah yang merefleksikan besarnya partisipasi investor, baik dari domestik maupun asing, sehingga hal ini memberikan tenaga yang besar pada bursa Jepang,” ujar Yoshihiro Okumura, general manager Chibagin Asset Management.

Investor asing telah menimbun dana di pasar saham Tokyo, dan diperkirakan bisa membantu terangkatnya perekonomian negara tersebut, yang saat ini tengah dilanda stagnasi perekonomian.

Di sisi lain, melemahnya mata uang yen akan membantu para eksportir menjual barangnya lebih murah dan membuat barang-barang Jepang lebih kompetitif dipasar ekspor.

 


Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber: