Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Kembali Jadi Orang Terkaya Sedunia

Kompas.com - 17/05/2013, 11:52 WIB

SAO PAULO, KOMPAS.com — Bill Gates berhasil merebut posisi sebagai orang terkaya dunia dari taipan Meksiko, Carlos Slim, Kamis (16/5/2013). Ini merupakan pertama kalinya bagi Gates sejak 2007 menikmati orang terkaya sedunia.

Berdasarkan Billionaires Index Bloomberg, kekayaan Gates pemilik Micosoft Corp saat ini bernilai 72,7 miliar dollar AS. Nilai ini naik 16 persen year to date.

Kondisi sebaliknya dialami Slim yang nilai kekayaannya anjlok 14 persen tahun ini setelah Kongres Meksiko mengesahkan undang-undang yang dapat menghancurkan dominasi pasar yang dikuasai Slim. Aturan itu pula yang menghapus kekayaan bersih Slim sebesar 3 miliar dollar AS.

"Pada saat mereka membicarakan mengenai reformasi di sebuah negara yang secara umum miskin, posisi orang terkaya yang berada di posisi puncak bukanlah hal yang bagus. Slim memonopoli situasi pasar di Meksiko dengan cukup baik. Sementara konsumen telepon Meksiko membayar lebih mahal daripada seharusnya. Kami menghargai upaya Pemerintah Meksiko," kata Greg Lesko, Managing Director Deltec Asset Management LLC, di New York.

Undang-undang yang baru saja disahkan oleh Pemerintah Meksiko pada bulan lalu, yang juga didukung oleh Presiden Enrique Pena Nieto, akan memberikan kekuasaan kepada pihak regulator untuk menekan perusahaan telepon yang memiliki pangsa pasar 50 persen untuk melepas sahamnya atau memaksa mereka membagi jaringannya.

Catatan saja, American Movil milik Slim mengempit pangsa pasar sebesar 70 persen di Meksiko.

Di sisi lain, saham Microsoft sudah melejit 28 persen pada tahun ini, yang dipicu pengendalian biaya dan penjualan bisnis yang dilakukan perusahaan. Kekayaan Gates juga kian membukit seiring kenaikan harga saham-saham yang dimiliki, termasuk di antaranya Canadian National Railway Co dan Republic Services Inc.

Sementara itu, di posisi ketiga orang terkaya dunia adalah Warren Buffet, pemilik Berkshire Hathaway Inc dengan nilai kekayaan 59,7 miliar dollar AS. Nilai kekayaan Buffet lebih besar 3,7 miliar dollar AS dari posisi keempat, Amancio Ortega, yang merupakan orang terkaya Eropa. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com