Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatib: Masalah Korupsi Pajak Bukan soal Sederhana

Kompas.com - 21/05/2013, 14:28 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Pajak terus disorot publik setelah para pegawainya satu per satu ditangkap dengan sangkaan korupsi. Terakhir, dua pegawai pajak tertangkap tangan karena diduga menerima suap terkait pengurusan pajak PT The Master Steel.

Bagaimana langkah Menteri Keuangan baru, Chatib Basri, untuk mengatasi permasalahan tersebut? Chatib mengatakan, dia perlu melihat dulu situasi di Ditjen Pajak. Pasalnya, kata dia, hal itu bukan masalah yang sederhana.

"Saya perlu duduk untuk tahu apa yang terjadi di sana dan langkah-langkah apa saja yang akan diambil," kata Chatib seusai dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Chatib mengaku sudah berbicara secara informal dengan Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmay. Hanya, perlu ada pembicaraan lebih lanjut untuk membahas hal-hal yang lebih spesifik.

Seperti diberitakan, terkait banyaknya pegawai pajak terseret korupsi, Fuad berharap masyarakat tidak mengasumsikan bahwa semua pegawai pajak terlibat korupsi. Sebab, sebagian besar pegawai pajak masih berkelakuan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com