Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Asia Jatuh dari Posisi Tertinggi 5 tahun

Kompas.com - 21/05/2013, 19:45 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Bursa Asia terlihat tak bersemangat karena jatuh dari posisinya dalam lima tahun terakhir pada transaksi hari ini (21/5). Berdasarkan situs Bloomberg, pada pukul 19.40 waktu Hong Kong, indeks MSCI Asia Pacific tercatat turun 0,3% menjadi 143,91. Padahal, pada transaksi sebelumnya, indeks acuan di kawasan regional ini sempat naik 0,1%.

Jika dihitung, sepanjang tahun ini, bursa Asia sudah melompat sekitar 12% dan kemarin (20/5) ditutup di level tertingginya sejak Juni 2008 lalu. Pergerakan saham-saham berkapitalisasi besar menekan pergerakan bursa Asia. Di antaranya adalah penurunan dua saham perbankan besar Australia yakni Westpac Banking Corp dan Commonwealth Bank of Australia yang masing-masing melorot 1%.

Selain itu, ada pula saham ICBC yang anjlok 2,1% di Hong Kong, sedangkan saham Tokyo Electric Power Co melompat 12%. Menurut analis, salah satu penyebab penurunan bursa Asia pada hari ini adalah kinerja emiten. "Iklim perekonomian belum baik. Abenomics bagi kami saat ini hanya ilusi dan kami cukup skeptis mengenai hal tersebut," jelas Hugh Young, money manager Aberdeen Asset Management Asia Ltd.

Sekadar tambahan informasi, indeks S&P/ASX 200 Australian ditutup turun 0,56% dan indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,54%. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average masih positif dengan kenaikan 0,13%. (Barratut Taqiyyah/ Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com