Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Kembali Berkolaborasi dengan Bank Jepang

Kompas.com - 22/05/2013, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dipilih oleh The Shoko Chukin Bank untuk mendukung UKM Jepang yang berinvestasi di Indonesia.

The Shoko Chukin Bank adalah bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah Jepang. Bank ini bergerak dalam pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM) di Jepang. Dalam hal ini, BNI merupakan satu-satunya bank di Indonesia yang dipilih oleh Shoko Chukin Bank.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Pemimpin Divisi Internasional BNI, Abdullah Firman Wibowo dan Managing Director The Shoko Chukin Bank Ltd Tomoyasu Shirai di Jakarta, Rabu (22/5/2013). Kerja sama ini merupakan salah satu aliansi strategis BNI dengan lembaga keuangan Jepang untuk memberikan layanan one stop solution kepada UKM Jepang yang telah berinvestasi maupun yang akan berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya BNI telah menjalin kerjasama dengan 50 Japan Regional Bank (JRB) dan 1 Shinkin Bank Jepang. The Shoko Chukin Bank Ltd adalah bank BUMN Jepang pertama yang bekerja sama dengan BNI.

Abdullah Firman Wibowo mengatakan, kolaborasi dan kerjasama BNI dengan bank-bank asal Jepang ini untuk memanfaatkan momentum arus investasi perusahaan Jepang ke Indonesia yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan.

“Peluang untuk mendapatkan peningkatan volume dan fee based income dari transaksi perbankan akan semakin terbuka dengan adanya kerjasama antara BNI dan The Shoko Chukin Bank Ltd, terutama dari SME Jepang di Indonesia,” Firman dalam siaran pers Rabu (22/5/2013).

Hingga saat ini, sudah 200 nasabah The Shoko Chukin Bank Ltd yang menjalankan bisnis di Indonesia. Aliansi strategis kedua bank ini diharapkan akan menarik nasabah-nasabah The Shoko Chukin Bank Ltd tersebut untuk menjadi nasabah BNI juga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com