Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Bank Mutiara Kembali Kandas

Kompas.com - 22/05/2013, 19:24 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengumumkan, upaya menjual PT Bank Mutiara Tbk kembali gagal, lantaran investor yang mengajukan penawaran tidak memenuhi syarat administrasi.

Dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com Rabu malam (22/5/2013), panitia penjualan menjelaskan LPS telah melakukan penilaian dan prakualifikasi terhadap berkas calon investor yang mendaftar.

"Berdasarkan hasil penilaian dan prakualifikasi, tidak terdapat calon investor yang memenuhi persyaratan administratif, sehingga proses penjualan saham PT. Bank Mutiara, Tbk. dinyatakan selesai," tulis LPS.

Lembaga tersebut menyatakan akan memanfaatkan momentum waktu yang tersisa, sehingga proses penjualan akan dibuka kembali.

Sebagaimana diketahui, LPS menawarkan Bank Mutiara seharga Rp 6,7 triliun, atau sebesar dana talangan yang diberikan oleh pemerintah pada 2008. Tahun 2013 adalah tahun terakhir bagi LPS untuk menjual bank yang dulunya bernama Bank Century ini di harga Rp 6,7 triliun.

Jika hingga akhir tahun ini LPS gagal menjual Bank Mutiara di harga Rp 6,7 triliun, bank ini akan dilego di harga pasar. Sebelumnya diberitakan, ada sekitar lima calon investor yang berminat membeli Bank Mutiara.

LPS bersama penasihat keuangan, PT Danareksa Sekuritas telah melakukan road show ke sejumlah negara untuk menawarkan bank tersebut. Negara-negara yang didatangi di antaranya Timur Tengah dan Asia Timur serta Australia.

Hingga akhir triwulan I 2013, Bank Mutiara mencatatkan laba bersih tahun berjalan Rp 18,66 miliar atau turun 57,12 persen dari periode yang sama tahun lalu Rp 43,53 miliar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com