Rabu, 24 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Menteri Perdagangan Cek Harga Daging Sapi di Bandung

Kamis, 23 Mei 2013 | 15:02 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan inspeksi dan pengecekan harga beberapa bahan pangan pokok, termasuk daging sapi ke Pasar Kosambi, Kota Bandung, Kamis (23/5/2013). Dalam kunjungannya, Gita terlihat bercengkerama dengan para pedagang soal harga beberapa bahan pangan, seperti beras, cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan daging sapi serta ayam.

"Saya baru saja melakukan kunjungan dan mengecek harga-harga bahan pangan pokok, termasuk daging sapi. Semua harga relatif stabil. Harga beras stabil, cabai keriting stabil, kol stabil," kata Gita saat ditemui seusai inspeksi harga.

Kendati demikian, Gita menemukan beberapa bahan pangan pokok yang harganya naik. "Yang harganya agak sedikit naik itu tomat dari kisaran Rp 5.000-Rp 6.000 naik menjadi Rp 8.000. Juga cabai rawit merah karena memang panennya agak sedikit berkurang. Permintaan meningkat, tapi pasokan tidak terlalu banyak untuk cabai rawit merah," ungkapnya.

Gita terlihat sangat senang ketika mendengar harga bawang putih dan merah yang sempat menyentuh angka Rp 90.000 per kilogram beberapa bulan ke belakang kini telah berangsur turun.

"Bawang merah dan bawang putih turun drastis. Bawang putih sudah sekarang sudah Rp 20.000 per kilogram," paparnya. Lebih lanjut Gita menambahkan, untuk saat ini yang perlu mendapatkan perhatian adalah harga daging sapi di pasaran yang menyentuh angka Rp 95.000 per kilogram.

"Mungkin yang perlu diperhatikan adalah harga daging sapi yang masih Rp 95.000 per kilogram. Saya sudah berkomitmen untuk menurunkan harga sebelum bulan Ramadhan. Nanti malam saya akan bertemu dengan Menteri Pertanian untuk mencari solusi agar harga daging sapi bisa turun," katanya.


Penulis: Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Editor : Bambang Priyo Jatmiko