Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan Indonesia AirAsia Naik 34 Persen

Kompas.com - 23/05/2013, 19:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia AirAsia berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1,22 triliun sepanjang kuartal I 2013. Angka tersebut naik 34 persen dibandingkan periode yang sama pada 2012 sebesar Rp 911,35 miliar.

Berdasarkan keterangan tertulisnya, laba operasional maskapai low cost carrier ini juga mengalami peningkatan hingga 172 persen menjadi Rp 41,97 miliar dari sebelumnya pada kuartal I 2012 sebesar Rp 15,45 miliar. Dengan demikian, laba setelah pajak juga ikut meningkat sebesar 104 persen menjadi Rp 1,36 miliar.

“Strategi kami untuk mengembangkan saluran distribusi dan memperkenalkan brand AirAsia di seluruh Indonesia membuahkan hasil, sebagaimana tercermin pada kinerja perusahaan," ujar Dharmadi, CEO Indonesia AirAsia, Kamis (23/5/2013).

Menurut Dharmadi, bisnis ancillary, atau bisnis di luar penjualan tiket, juga naik signfikan. Selama ini, bisnis ancillary yang dijalankan perusahaan misalnya penjualan makanan dan minuman di udara (meals on board), merchandise, parfum, dan tambahan pendapatan lainnya.

Dharmadi menuturkan, bisnis ancillary juga terus tumbuh sejalan dengan meningkatnya pendapatan ancillary per penumpang sebesar 5 persen (yoy) atau dari Rp 138.448 menjadi Rp 145.773, dengan bagasi dan fasilitas pemilihan kursi sebagai kontributor terbesar terhadap total pendapatan ancillary. Saat ini Indonesia AirAsia mengoperasikan 22 unit pesawat.(sanusi/Tribunnews)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com