Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Menguat, IHSG Potensial Terdorong

Kompas.com - 24/05/2013, 09:02 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas bursa Asia dibuka menguat, Jumat (24/5/2013) pagi, terutama bursa Jepang yang rebound sekitar 2,8 persen pascakoreksi signifikan yang terjadi kemarin. Indeks Harga Saham Gabungan pun potensial terdorong naik. Harga minyak dunia masih relatif flat di level 94,3 dollar AS per barrel sementara nilai tukar rupiah menguat ke level Rp 9.772 per dollar AS.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan, IHSG akan turut mengalami technical rebound seiring penguatan bursa regional dan telah netralnya sentimen negatif dari koreksi bursa Jepang kemarin. Penguatan Rupiah pagi ini juga akan membawa sentimen positif di IHSG terutama saham-saham yang telah terkoreksi signifikan seperti sektor properti dan konsumer. Indeks resisten di level 5.175.

Meski di tengah koreksi signifikan yang terjadi pada bursa Asia dan Eropa kemarin, bursa AS berhasil bertahan dan hanya ditutup melemah tipis. Sentimen negatif dari volatilitasi pasar obligasi dan saham Jepang serta rilis data manufaktur China yang turun lebih buruk dari ekspektasi terkompensasi oleh rilis beberapa data ekonomi AS yang lebih baik dari ekspektasi dan reli saham Hewlet-Packard Co.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com