Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Fokus Agus Marto Jadi Gubernur BI

Kompas.com - 24/05/2013, 11:34 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Agus Martowardojo sudah secara resmi menjadi Gubernur Bank Indonesia mulai hari ini, Jumat (24/5/2013). Ada lima fokus bagi Agus saat menjabat sebagai Gubernur BI ini. Apa saja?

Pertama, Agus akan memperkuat kebijakan moneter, khususnya terkait kebijakan inflasi, stabilitas nilai tukar rupiah, hingga cadangan devisa.

Fokus kedua ialah terus mendorong penguatan stabilisasi sistem keuangan. "Ini tidak bisa diganggu sebab kondisi ini perlu diwaspadai, khususnya stabilitas sistem keuangan," kata Agus saat konferensi pers di media center Mahkamah Agung Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Agus menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan lembaga terkait, khususnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), hingga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan tersebut.

Untuk memperkuat stabilitas sistem keuangan ini, Agus akan memprioritaskan revisi Undang-Undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) dan Undang-Undang Bank Indonesia (BI) yang terkait hal ini. "Sehingga saat Undang-Undang JPSK dan Undang-Undang BI direvisi dan pengawasan perbankan dialihkan ke OJK, stabilitas sistem keuangan itu tidak akan terganggu," tambahnya.

Ketiga, Agus akan memastikan fungsi pengalihan pengawasan perbankan ke OJK akan berjalan dengan baik. Agus memastikan transisi ini akan berjalan tanpa hambatan sama sekali.

Keempat ialah mendorong pengembangan sistem pembayaran nasional yang efisien. Sebab, selama ini, transaksi wholesale hingga ritel masih terpisah-pisah sehingga saat ada integrasi sistem pembayaran tersebut, semua perbankan bisa melakukannya dengan baik.

Kelima ialah memperkuat dan meningkatkan fungsi kesentralan dari BI untuk area-area pengembangan perbankan syariah, financial inclusion, perbaikan governance, hingga pengembangan hubungan internasional.

"Apalagi Indonesia merupakan anggota G-20, nanti juga Indonesia menjadi chairman dalam pertemuan APEC Oktober nanti, termasuk memaksimalkan kebijakan resiprokal perbankan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com