Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Kepercayaan Bisnis Jerman Naik

Kompas.com - 24/05/2013, 16:17 WIB

FRANKFURT, KOMPAS.com - Indeks kepercayaan bisnis Jerman naik di luar perkiraan, lantaran pelaku bisnis di negara ini mengekspresikan kepuasannya terhadap situasi yang ada, dan lebih optimistis dalam menghadapi masa depan.

Hal itu terungkap dari data yang dirilis lembaga riset The Ifo. Lembaga itu menyebutkan bahwa indek kepercayaan bisnis di Jerman pada bulan ini naik menjadi 105,7 poin, atau lebih baik dari bulan sebelumnya di posisi 104.4 poin. Berbagai analis berharap bahwa data tersebut tidak ada perubahan.

“Indeks kepercayaan bisnis Ifo akhirnya kembali naik, setelah selama dua kali berturut-turut selaluturun," ujar ekonom lembaga tersebut, Kai Carstensen. Dia menyebutkan bahwa berbagai perusahaan yang ada di Jerman lebih merasa puas dengan kondisi perekonomian saat ini ketimbang bulan sebelumnya.

“Ekonomi Jerman berada pada jalurnya, di tengah-tengah kondisi perekonomian Eropa yang menantang," lanjut Carstensen. Ifo mengalkulasi indeks itu berdasarkan penilaian para pelaku bisnis di Jerman terhadapkondisi perekonomian saat ini serta 6 bulan yang akan datang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com