Rabu, 22 Oktober 2014

News / Bisnis & Keuangan

Inpex Masela Alokasikan Belanja Modal 85 Juta Dollar AS

Jumat, 24 Mei 2013 | 21:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Inpex Masela Ltd siap mengalokasikan dana belanja modal sebesar 85 juta dollar AS sepanjang tahun ini. Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk aktivitas pengeboran yang akan dimulai pada Juni 2013 di lapangan Gas Abadi.

"Ada tiga sumur yang akan dibor," kata Alfred Manayang, Manajer Komunikasi dan Hubungan Inpex, Jumat (24/5/2013). Dia menyebutkan bahwa durasi satu sumur pengeboran adalah selama 73 hari termasuk pengeboran, coring, penebangan wireline, baik tes, dan P&A.

Kegiatan pengeboran tahap keempat ini merupakan kelanjutan dari kegiatan survey dan pengeboran yang telah dilakukan oleh INPEX pada tahap eksplorasi, yaitu kegiatan survey seismik 2D pada 1999, yang dilanjutkan dengan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi, Abadi-1 pada 2000 silam, di mana INPEX berhasil menemukan Lapangan Gas Abadi.

Pada 2001 diadakan kegiatan survey seismik 3D, yang dilanjutkan dengan kegiatan pengeboran tahap kedua dengan dua sumur delineasi, Abadi-2 dan Abadi-3 pada tahun 2002.

Setelah melakukan berbagai kajian, pada tahun 2007-2008 kembali diadakan kegiatan pengeboran tahap ketiga dengan empat sumur delineasi, Abadi-4, Abadi-5, Abadi-6, dan Abadi-7.

"Tujuan dari pengeboran yang akan berlangsung sekitar 10 bulan ini adalah untuk mendapatkan data geologi, reservoir, dan teknik pemboran dalam rangka mengoptimalkan program pemboran tahap pengembangan Lapangan Gas Abadi, serta untuk mengeksplorasi prospek Lapangan Berkat," terang Alfred.

Blok Masela yang dioperasikan oleh KKKS INPEX Masela Ltd, terletak di lepas pantai, yaitu di Laut Arafura sekitar 155 km arah Barat Daya kota Saumlaki, dan sisi Selatan Blok Masela tepat pada perbatasan perairan Indonesia - Australia. Jarak terdekat dari sumur yang akan dibor adalah sekitar 85 km dari ujung Selatan Kepulauan Tanimbar. (Adiatmaputra Fajar Pratama/ Tribunnews)

 


Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber: