Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Akan Memulai Investasi Tahun Ini

Kompas.com - 24/05/2013, 21:41 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, Foxconn Technology Group akan segera berinvestasi di Indonesia tahun ini dengan menggandeng Agung Sedayu dan Erajaya Group.

"Mitra lokal Foxconn di Indonesia yaitu Agung Sedayu dan Erajaya Group. Erajaya kan juga anak perusahaan Agung Sedayu Group," kata Hidayat saat ditemui di kantor Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Hidayat menambahkan, Agung Sedayu akan menyiapkan semua kebutuhan Foxconn untuk seluruh pembangunan pabriknya di Indonesia. Apalagi Agung Sedayu ini merupakan perusahaan real estat dan properti sehingga perusahaan ini ikut bekerja sama dengan Foxconn.

Satu lagi adalah PT Erajaya Swasembada Tbk. Perusahaan ini memiliki unit bisnis yaitu PT Teletama Artha Mandiri (TAM) yang merupakan salah satu distributor ponsel Samsung dan BlackBerry.

Unit bisnis Erajaya lainnya adalah PT Erafone Artha Retailindo yang merupakan salah satu gerai penjualan ponsel terbesar di Indonesia. Selain itu, ada juga PT Data Citra Mandiri (iBox) yang merupakan reseller produk-produk Apple.

iBox juga pernah mendapat penghargaan dari Apple terkait layanannya sebagai Apple Premium Service Provider serta satu-satunya gerai penjualan produk Apple yang menyediakan pusat latihan untuk bisa mengenal produk-produk Apple.

"Tapi, untuk investasinya (berapa persen dan sebagainya) belum tahu," tambahnya. Rencananya, Foxconn akan berinvestasi di Indonesia sebesar 5 miliar dollar AS.

Investasi tersebut untuk 10 tahun ke depan. Sekadar catatan, Agung Sedayu ini merupakan perusahaan properti milik konglomerat Sugianto Kusuma. Konglomerat ini juga memiliki saham besar di Erajaya. Kendati demikian, kedua perusahaan ini tidak ada hubungan bisnis sama sekali, hanya memiliki pemodal yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com