Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Bertekad Jadi Eksportir Beras Nomor Satu Lagi

Kompas.com - 26/05/2013, 15:11 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com —Sekretaris Tetap Perdagangan Thailand Vatchari Vimooktayon yakin Thailand akan mendapatkan kembali posisi sebagai pengekspor nomor satu beras dunia pada tahun ini.

Vatchari mengatakan baht — yang kuat— memengaruhi ekspor beras Thailand dalam hal harga beras, tapi ia mengatakan tahun ini yakin Thailand mampu mengekspor delapan juta ton seperti yang direncanakan.

Keyakinan dia bahwa negeri Gajah Putih itu akan kembali menjadi eksportir beras nomor satu karena masih ada permintaan beras yang tinggi di pasar dunia, terutama dari China, yang memesan sebagian besar beras dari Thailand.

Dia mengatakan, meskipun saat ini India dan Vietnam mengekspor lebih banyak beras daripada Thailand, pada semester kedua tahun ini ekspor kedua negara itu akan berkurang. Hal ini, karena India dan Vietnam diperkirakan memiliki panen yang lebih kecil dan kurang dalam cadangan mereka.

Departemen Perdagangan Luar Negeri Thailand juga sedang melakukan negosiasi dengan negara lain mengenai kontrak jual beli beras dalam rangka mendorong ekspor beras Thailand memenuhi target tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com