Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WEF : Peringkat Daya Saing Indonesia Turun di Posisi 50

Kompas.com - 28/05/2013, 17:40 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringkat daya saing Indonesia kembali turun. Dalam laporan The Global Competitiveness Index 2012-2013, Indonesia menempati  posisi ke-50 dari 144 negara di dunia dengan skor 4,4, atau turun 4 level dari tahun lalu yang berada di posisi 46.

The Global Competitiveness Index yang dirilis oleh World Economic Forum Selasa (28/5/2013) menempatkan Swiss sebagai negara yang paling kompetitif dengan skor 5,72, dan posisi Swiss ini tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Singapura dengan skor 5,67. SIngapura juga berhasil mempertahankan posisi ini seperti tahun 2011.

Adapun posisi ketiga ditempati oleh Finlandia dengan skor 5,55 dan posisi ini mengalami perbaikan dari tahun lalu yang berada di posisi 4. Sementara itu, negara tetangga, Malaysia berada di posisi 25 atau berada jauh di atas Indonesia. Namun demikian, yang menyamakan Malaysia dengan Indonesia adalah keduanya turun 4 peringkat dari tahun lalu.

Thailand berada di posisi 38 dengan skor 4,52, dan posisi ini mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya yang berada di tingkat 39.

"Bertahan di negara dengan tingkat kekompetitifan yang berbeda-beda, terutama Eropa yang menghadapi krisis perekonomian pada hari ini, bisa membahayakan masa depan kemakmuran kita," ujar Direktur Eksekutif WEF Klaus Schwab. Untuk itu, pemerintah dari berbagai negara harus melakukan langkah konkret untuk meningkatkan daya saing negara yang bersangkutan.

Berikut adalah peringkat daya saing berbagai negara:

1.  Switzerland
2.  Singapore
3.  Finland  
4.  Sweden 
5.  Netherlands  
6.  Germany  
7.  United States 
8.  United Kingdom 
9.  Hong Kong
10. Japan   
25. Malaysia
28. Brunei Darussalam
29. China
38. Thailand
50. Indonesia

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com