Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Jadi Negara Paling Berbahagia

Kompas.com - 28/05/2013, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Organisasi untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (Organisation for Economic Cooperation and Development/OECD) mencatat ada beberapa negara yang masuk kategori bahagia.

Dikutip dari situs stats.oecd.org, ada beberapa ukuran yang digunakan untuk menentukan bahwa sebuah negara masuk ke dalam kategori bahagia. Adapun ukuran yang dipakai di antaranya kepemilikan rumah, belanja, pendidikan, kesehatan, hingga keamanan.

Dari 34 negara yang menjadi anggota OECD, Australia menempati posisi tertinggi sebagai negara yang paling berbahagia di antara anggota organisasi ini, kemudian disusul oleh Austria dan Belgia.

Dipilihnya Australia sebagai negara paling berbahagia lantaran negara ini memiliki tingkat pengangguran yang rendah. Lebih dari 73 persen penduduk Australia dari total 23 juta yang berusia 15 hingga 64 memiliki pekerjaan, atau lebih tinggi dari standard OECD. Selain itu, angka harapan hidup warga Australia juga tinggi, yaitu mencapai 82 tahun.

Dari berbagai aspek yang dinilai itu, skor yang paling menonjol dari Australia adalah pada aspek tingkat konsumsi rumah tangga dari pendapatan murni dan bukan dari utang. Dalam hal ini, tingkat konsumsi rumah tangga Australia adalah yang tertinggi dari negara lain anggota OECD.

Berikut daftar 10 negara paling berbahagia versi OECD:

Australia
Swedia
Kanada
Norwegia
Swiss
Amerika Serikat
Denmark
Belanda
Islandia
Inggris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com