Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Minyak OPEC Dipertahankan 30 Juta Barrel Per Hari

Kompas.com - 31/05/2013, 20:30 WIB

VIENNA, KOMPAS.com — Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) menyepakati untuk tetap mempertahankan produksi sebesar 30 juta barrel per hari. Hal itu diungkapkan Menteri Energi Venezuela Rafael Ramirez seusai pertemuan yang digelar pada Jumat (31/5/2013).

“Seluruh anggota menyetujui produksi minyaknya sehingga total mencapai 30 juta barrel per hari, dan kami selalu memantau kondisi pasar,” ujarnya. Dia menambahkan bahwa 12 negara anggota OPEC saat ini juga cemas terhadap kondisi perekonomian Eropa yang berpengaruh terhadap permintaan minyak.

Kebijakan mempertahankan produksi di level tersebut juga sejalan dengan harapan pasar. “Kami selalu memantau pasar karena kondisi ekonomi di Eropa yang sedang sulit. Pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada Desember, kami akan memiliki banyak elemen untuk menentukan produksi," lanjut Ramirez.

Dia juga menambahkan bahwa anggota OPEC berupaya untuk mempertahankan harga dengan cara mempertahankan produksi. Namun demikian, kontributor utama produksi minyak ini adalah Arab Saudi.

Outlook ekonomi global menunjukkan bahwa permintaan minyak akan terhambat oleh kondisi perekonomian China yang dirundung inflasi, krisis di uni Eropa yang tak kunjung usai, serta ketidakpastian kebijakan ekonomi di Amerika Serikat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com