Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, IHSG Mencoba Bertahan

Kompas.com - 07/06/2013, 07:22 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini diprediksi mencoba bertahan di tengah kondisi pasar yang belum kondusif. 

Analis Trust Securities Yusuf Nugraha mengatakan, masih berjualannya pelaku pasar asing, merahnya penutupan mayoritas bursa saham Asia, dan pembukaan pasar Eropa membuat kondisi yang ada turut menambah ketidaknyamanan di pasar.

"IHSG berada di area jenuh jual (oversold). Namun, kami prediksi masih ada dorongan daya beli sehingga diharapkan mampu menahan agar IHSG tidak terlalu jatuh," kata Yusuf di Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Bursa global dan regional bergerak variatif. Bursa saham Eropa mencoba berbalik positif dengan merespons penurunan unemployment rate Perancis dan sejumlah data inflasi di berbagai wilayah zona Euro. Selain itu, tetapnya suku bunga BoE Inggris dan ECB turut menambah sentimen positif.

Sementara itu, bursa saham AS diperkirakan akan mencoba menguat dengan merespons penurunan challanger job cuts (YoY) dan initial jobless claims dari sebelumnya. Meskipun demikian, pelaku pasar juga kemungkinan akan mencermati sentimen jadi tidaknya pengurangan stimulus The Fed.

Yusuf mengharapkan dorongan tersebut masih akan ada jelang akhir pekan ini sehingga IHSG tetap bertahan di atas level 5000-nya. Pada perdagangan Jumat (7/6/2013), diperkirakan IHSG akan berada pada support 4.938-4.966 dan resistance 5.010-5.021.

Sementara rekomendasi sahamnya antara lain BSDE, JSMR, MNCN, SMRA, AKRA, LPKR, HRUM, ACES, BKSL, ARNA, dan WSKT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com