Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2013, 14:21 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemesanan tiket kereta api untuk arus mudik dan balik lebaran menuju Yogyakarta pada bulan Agustus mendatang telah mencapai 80 persen.

Untuk mengantisipasi terjadinya ledakan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah armada tambahan sebanyak tujuh rangkaian kereta api. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Sri Winarto mengatakan, dengan penambahan itu pihaknya akan menyediakan 23 rangkaian kereta api, dari total kereta reguler sebanyak 16 rangkaian.

"Kapasitas angkut dari 16 KA reguler mencapai 12.000 kursi. Sampai sekarang sekitar 80 persen di antaranya sudah dipesan. Kami berharap penambahan tujuh KA dengan kapasitas 3.200 kursi bisa menampung masyarakat yang akan merayakan lebaran di Yogyakarta dan sekitarnya," kata dia, Jumat (7/6) di Yogyakarta.

Tujuh kereta tambahan pada untuk lebaran meliputi Argo Lawu, Dwi Pangga, Lodaya Pagi, Lodaya Malam, Sancaka Pagi, Sancaka Sore, dan Bengawan. Armada tambahan ini akan beroperasi mulai tanggal 1-19 Agustus 2013 mendatang.

"Pemesanan tiket paling banyak untuk masa arus balik terutama H+5 lebaran. Sedangkan, untuk masa mudik masih sedikit karena sebagian besar pemudik biasanya berangkat dari Jakarta ke Yogyakarta," ujar Sri Winarto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com