Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Indonesia-KS Bentuk Perusahaan Patungan

Kompas.com - 10/06/2013, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk bersama PT Krakatau Steel Tbk membentuk perusahaan patungan yang bergerak di bidang produksi slag powder. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara dua perusahaan tersebut.

Perusahaan patungan tersebut akan mengolah produk sampingan Krakatau Steel berupa granulated slag menjadi slag powder. "Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi BUMN yang bisa sama-sama saling mendukung untuk menciptakan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan yang terlibat," ujar Dirut Semen Indonesia Dwi Soetjipto.

Slag adalah hasil samping dari proses peleburan besi dan baja yang berbentuk bongkahan kecil. Di dalam slag mengandung unsur yang dibutuhkan oleh industri semen sebagai bahan campuran pembuatan semen. "Dengan kerja sama ini kami ingin mengamankan pasokan slag untuk keperluan industri semen," ujar Dwi.

Bagi Krakatau Steel, perusahaan patungan ini akan memberikan nilai tambah dengan adanya pengolahan slag yang merupakan hasil samping dari perusahaan baja tersebut.

Dwi mengatakan, Semen Indonesia akan terus melakukan ekspansi dengan membangun sejumlah pabrik baru. Kebutuhan slag juga otomatis meningkat. Seiring dengan penambahan kapasitas produksi semen, jaminan pasokan slag sangat dibutuhkan. Karena itu, pembentukan perusahaan patungan ini sangat berarti dalam menunjang kelangsungan produksi perusahaan semen terbesar di Indonesia ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com