Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

320 Ribu Honda Odyssey Bermasalah dengan Kantong Udara?

Kompas.com - 11/06/2013, 04:10 WIB
Pieter P Gero

Penulis

DETROIT, KOMPAS.com — Otoritas keselamatan Amerika Serikat menyatakan sekitar 320.000 unit mobil Honda Odyssey keluaran lama akan diperiksa berkaitan dengan masalah kantong udara. Selain Honda Odyssey, kasus serupa juga diduga terjadi pada mobil keluaran sekurangnya dua industri otomotif lain dan lebih dari 2 juta kendaraan.

Kantor berita AP, Senin (10/6/2013), melaporkan kantong udara depan Honda Odyssey keluaran Honda Motor Co pada 2003 dan 2004 diduga bermasalah. Kantong udara dilaporkan kadang berkembang sendiri tanpa terjadi kecelakaan. Alih-alih menjadi pengaman saat kecelakaan, kejadian ini justru bisa mencederai pengemudi dan penumpang di kursi depan.

Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS menegaskan, dokumen soal kasus ini dimuat di situs web mereka mulai Senin (10/6/2013). Mereka juga menyebutkan kasus yang sama diduga juga terjadi pada mobil keluaran Toyota Motor Corp dan Chrysler Group LLC.

Ketiga industri otomotif itu menggunakan kontrol komputer yang sama untuk kantong udara pada produk mereka. Diperkirakan pemeriksaan masalah mekanisme kantong udara ini akan melibatkan tak kurang dari 1,8 juta kendaraan di seluruh dunia.

Komputer pengatur kantong udara yang digunakan ketiga perusahaan tersebut dikeluarkan oleh TRW Automotive Inc. Sejauh ini badan pengawas AS menerima enam laporan berkaitan dengan kantong udara Odyssey yang mengembang tanpa terjadi kecelakaan.

Dalam tiga kasus itu, sejumlah pengemudi dan penumpang dilaporkan cedera. Juga diterima 41 laporan berkaitan lampu peringatan kantong udara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com