Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2013, 14:19 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airline Rudy Setyopurnomo membantah bahwa pesawat tipe MA-60 yang diproduksi China merupakan pesawat jelek dan tidak memiliki suku cadang yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

"Tidak ada anggapan bahwa pesawat China jelek," kata Rudy kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (11/6/2013). Rudy masih enggan menjelaskan lebih lanjut tentang proses pembelian ataupun soal suku cadang dari pesawat yang mengalami kecelakaan di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terjadi pada Senin (10/6/2013) pagi.

Untuk itu, pihaknya menyerahkan semua proses investigasi kecelakaan pesawat Merpati itu ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan tim Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Saat ini, Rudy berada di Kupang dengan KNKT dan The Dangerous Goods Advisory Council (DGAC), organisasi nirlaba yang mengurusi keselamatan transportasi nasional dan internasional.

"Kami menyerahkan flight data recorder dan cockpit voice recorder ke KNKT," tambahnya. Di sisi lain, Rudy juga mengunjungi penumpang dari pesawat Merpati yang mengalami kecelakaan yang saat ini dirawat di rumah sakit setempat.

Seperti diberitakan, Kementerian Perhubungan menyatakan sudah mengirim tim untuk melakukan investigasi kecelakaan pesawat Merpati MA 60 di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terjadi pada Senin pagi. Di Indonesia, pesawat buatan China ini sudah tiga kali mengalami kecelakaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti mengatakan, investigasi akan mencakup sistem operasional, perawatan, hingga ketersediaan suku cadang pesawat tersebut di Indonesia.

"Untuk suku cadang, kami harus mencari tahu apakah memang tidak diproduksi lagi atau ada kemungkinan operator yang tidak mampu beli karena kami tahu keadaan Merpati seperti apa saat ini," ucap Herry.

Saat ini Merpati memiliki 14 pesawat tipe MA-60. Dari jumlah itu, hanya delapan pesawat yang masih beroperasi dan empat yang lain sedang dalam perawatan. Ketika kecelakaan terjadi, lanjut Herry, pesawat dalam kondisi layak terbang dan tidak ada persoalan dengan situasi ataupun kondisi bandara.

Kecelakaan MA-60 paling tragis terjadi pada 7 Mei 2011. Saat itu pesawat PK-MKZ bernomor penerbangan MZ8968 dari bandar udara Sorong kehilangan ketinggian dan jatuh bebas di laut, hanya 500 meter menjelang landasan pacu bandar udara Kaimana, Papua. Kondisi cuaca dalam penerbangan yang menewaskan dua pilot, dua awak kabin, seorang juru teknik penerbangan, serta 21 pemakai jasanya itu diketahui buruk dengan visibilitas sangat terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com