Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Melemah terhadap Euro

Kompas.com - 13/06/2013, 07:52 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Kurs dollar AS melemah lagi pada Rabu atau Kamis (13/6/2013) pagi WIB di tengah volatilitas yang lebih besar di pasar-pasar aset. Para investor mencari arah setelah perubahan besar menyusul kebijakan bank sentral Jepang pada Selasa.
     
Setelah pada awal menguat, dollar jatuh menjadi 95,88 yen pada pukul 22.00 GMT (Kamis, 05.00 WIB), dibandingkan dengan 96,01 yen pada akhir Selasa. Rebound terhadap euro juga membalikkan posisi rugi, dengan euro pada 1,3335 dollar AS di akhir perdagangan, naik dari 1,3311 dollar AS sehari sebelumnya.

Dampak dari keputusan bank sentral Jepang untuk mempertahankan kebijakannya tak berubah daripada menambahkan stimulus pada Selasa, yang terus bergema di pasar.

Itu menambah ekspektasi di pasar bahwa stimulus lebih di negara-negara maju tidak mungkin dan memicu buru-buru keluar dari saham-saham dan mata uang di negara berkembang untuk mengantisipasi kenaikan yen, dollar, dan euro.

Sementara euro dibantu lebih baik dari perkiraan kenaikan 0,4 persen pada produksi industri di zona euro pada April dibandingkan Maret, menurut data Eurostat.

April menandai kenaikan bulanan ketiga berjalan dan "secara signifikan lebih baik" dari perkiraan konsensus untuk tidak ada perubahan, menurut Capital Economics dalam sebuah catatan.

"Jika kemajuan berlanjut, maka tiga bulan sampai Juni bisa melihat pertumbuhan 0,2 persen, setelah perekonomian menyusut 0,2 persen pada kuartal pertama," katanya.

Euro naik menjadi 127,86 yen dari 127,81 yen.

Pelemahan dollar AS terjadi meski ada kenaikan lain dalam imbal hasil obligasi negara AS, dengan pedagang obligasi jelas masih mengharapkan Federal Reserve untuk mulai mengekang program pelonggaran kuantitatif pembelian obligasi dalam beberapa bulan, meskipun ekonomi AS dan global tampak masih lesu.

Pound Inggris juga menguat terhadap mata uang yang biasa dijuluki greenback ini, menjadi 1,5677 dollar AS dari 1,5644 dollar AS. Dollar AS juga turun menjadi 0,9208 franc Swiss dari 0,9246 franc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com