Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Targetkan Harga Daging Sapi Turun

Kompas.com - 14/06/2013, 11:13 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

BADUNG, KOMPAS - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menargetkan harga daging sapi akan turun menjelang bulan Ramadhan. Ini penting sebagai salah satu mitigasi pengendalian inflasi pangan.

Inflasi pada akhir Juni sampai dengan Agustus akan mendapatkan minimal dua pemicu sekaligus, yakni bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri,  serta kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

"Memang kita harus bekerja keras untuk menjaga stabilitas harga pangan. Semoga harga bisa terjaga. Dalam beberapa minggu terakhir ini, semua relatif stabil kecuali daging sapi," kata Gita di sela-sela acara Pertemuan Puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (14/6/2013).

Oleh sebab itu, Gita melanjutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Suswono untuk meningkatkan pasokan. Saat ini, proses impor sudah mulai berjalan untuk tipe-tipe yang tidak bisa diproduksi dalam negeri.

"Sudah mulai peningkatan pasokan. Diharapkan bisa menurunkan harga dalam waktu dekat. Kita targetkan jelang bulan Ramadhan, harga daging sapi sudah bisa terjadi penurunan yang cukup signifikan,"kata Gita.

Mitigasi pengendalian pasokan, menurut Gita, tidak sebatas pada daging sapi tetapi terhadap semua produk pangan, termasuk pada komoditas yangpada Januari-Februari lalu mengalami kenaikan harga yang tinggi. Produk itu antara lain bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit hijau.

Pasca Februari, menurut Gita, produk-produk tersebut sudah turun harganya. Sementara harga produk lain seperti telur ayam, daging ayam, kol, wartel, dan tomat, stabil. Dalam beberapa bulan ke depan, pasokannya disebutkan akan cukup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com