Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfamart Rangkul 126.000 Warung Binaan

Kompas.com - 14/06/2013, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini ada asumsi bahwa adanya minimarket modern akan mematikan para pedagang kecil di sekitarnya. Namun hal ini nampaknya tidak berlaku bagi Alfamart. Minimarket ini justru merangkul dan "menghidupi" para pedagang kecil.

Hingga saat ini Alfamart telah mempunyai  126.000 warung binaan di seluruh Indonesia. Program yang sudah berjalan sejak 3 tahun lalu ini merupakan salah satu upaya kemitraan minimarket dengan para pedagang kecil.

"Dengan berkembangnya pedagang-pedagang ini kan membuat Alfamart juga berkembang. Mereka menjual barang ke masyarakat langsung," sebut General manager Corporate communication PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), Nur Rachman, saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jumat (14/6/2013).

Ia menjelaskan, para pedagangan kecil atau rumahan ini tentu mendapatkan harga yang lebih murah dibanding yang dipajang di gerai Alfamart. " Sehingga mereka bisa menjual dengan harga yang sama dengan di gerai Alfamart," tambahnya.

Alfaonline

Sementara itu Corporate Communication Coordinator Alfamart Arif L Nursandi, pada kesempatan yang sama mengemukakan sejak Februari 2013 ini, pihaknya sudah meluncurkan belanja online melalui alfaonline.com dan ada petugas yang mengantarnya langsung ke rumah.

"Animonya cukup bagus. Trafficnya juga, karena kita juga ada ditaruh promosi disana. Ada barang yang harganya Rp 1 untuk promosi," sebut Arif.

Menurutnya, Alfamart pada dasarnya sudah sistem delivery order, karena mempunyai toko-toko sales store point (SSP) yang mempunyai member relationship order (MRO) untuk mengantarkan barang ke pedagang binaan.  "Dulu buat ngantar ke pedagang-pedagang rumahan sekarang langsung ke rumah-rumah pelanggan," katanya.

Untuk diketahui saja,  hingga saat ini Alfamart telah mempunyai 7.000 gerai dengan 30 persennya merupakan milik mitra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com