Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Raih Order A380 Senilai Rp 80 Triliun

Kompas.com - 17/06/2013, 19:09 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pabrikan pesawat asal Eropa, Airbus, berhasil memecahkan rekor penjualan pada hari pertama pameran dirgantara, Paris Air Show, lantaran meraup pesanan sebanyak 20 unit pesawat superjumbo A380 senilai 8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80 triliun.

Pesanan tersebut datang dari sebuah perusahaan penyewaan pesawat, Doric Asset Finance, yang menyediakan armada tersebut untuk berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia. Dengan order tersebut, Airbus telah membukukan 25 pesawan A380 pada tahun ini. Kesepakatan itu dicapai hanya beberapa hari setelah perusahaan itu meluncurkan pesawat terbarunya A350.

Salah satu petinggi Airbus, Fabrice Bregier, menjelaskan, dengan banyaknya order yang diperoleh, perseroan berharap bisa membukukan laba bersih dua kali lipat pada tahun-tahun mendatang. Sekaligus, hal itu bisa meningkatkan margin operasional dari 4 persen menjadi 10 persen, di luar penjualan A350 yang baru saja dirilis.

Tahun lalu menjadi tahun-tahun terberat bagi Airbus, lantaran pesawat A380 mengalami sejumlah kerusakan, yang salah satunya adalah keretakan kecil di bagian sayap. Kendati Airbus telah memperbaiki kerusakan itu, tetapi order tak kunjung datang hingga awal 2013. Mendorong penjualan A380 menjadi sesuatu yang penting untuk menopang kinerja keuangan Airbus.

Sementara itu, Doric Asset Finance adalah perusahaan leasing pesawat yang menyediakan armada untuk berbagai maskapai penerbangan global, seperti halnya Singapore Airlines dan Emirates. Perusahaan leasing ini telah mengelola berbagai pesawat senilai 6 miliar dollar AS, termasuk 18 unit A380.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com