Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Asia Dibuka di Level Tertinggi Dua Pekan Terakhir

Kompas.com - 18/06/2013, 08:56 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa Asia dibuka menguat pada transaksi Selasa (18/6/2013) pagi. Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.33 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 persen menjadi 132,50. Angka ini merupakan pergerakan positif tertinggi dalam dua pekan terakhir.

Kenaikan indeks acuan di kawasan regional ini disokong lompatan sejumlah indeks acuan Asia. Sebut saja indeks Topix Jepang yang naik 0,6 persen, indeks Nikkei Jepang naik 0,4 persen, dan indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,7 persen.

Kendati demikian, ada pula sejumlah indeks yang mengeluarkan sinyal merah. Beberapa di antaranya yakni indeks Kospi Korea Selatan yang turun 0,2 persen dan indeks S&P/ASX 200 Australia yang turun 0,4 persen.

Pergerakan sejumlah saham yang turut mempengaruhi bursa Asia di antaranya adalah Toyota Motor Corp yang naik 1,4 persen di Tokyo, Yamato Kogyo Co naik 2,9 persen di Tokyo, dan STX Pan Ocean Co yang turun 15 persen di Seoul.

Bursa Asia pagi ini ditransaksikan di level tertinggi dalam dua pekan terakhir seiring optimisme investor terhadap perekonomian Amerika Serikat. Menguat kabar the Federal Reserve, bank sentral Amerika, akan memangkas penggelontoran stimulus menyusul sinyal positif perekonomian Amerika.

"Akan dipangkasnya penggelontoran dana stimulus atau quantitative easing akan memperkuat pandangan bahwa pemulihan ekonomi AS semakin kuat," jelas Matthew Sherwood, head of investment market research Perpetual Ltd.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com