Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda dan Lion Air Tak Dapat Jatah Rute Batavia Air

Kompas.com - 18/06/2013, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku selektif dalam memberikan slot rute penerbangan eks Batavia Air. Dari 18 maskapai penerbangan yang ada di Indonesia hanya maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air yang tidak ditawari rute tersebut.

"Hanya Garuda Indonesia dan Lion Air saja yang tidak kami tawari slot penerbangan eks Batavia Air. Selain itu kami tawari ke semua maskapai," ujar Hemi Pamuraharjo, Kasubdit Angkutan Udara Niaga, Dirjen Angkutan Udara Kemenhub kepada wartawan di kantornya Selasa, (18/6/2013).

Hemi mengatakan alasan tidak menawarkan ke Garuda dan Lion Air tersebut karena kedua maskapai tersebut merupakan yang paling banyak mempunyai slot rute penerbangan di Indonesia. "Kami sebagai pemerintah harus bijak. Kami ingin berikan slot penerbangan ke yang masih sedikit, agar gapnya tidak terlalu besar antar maskapai," jelas Hemi.

Hemi mengatakan, pihak Lion Air sempat keberatan karena maskapai tersebut tidak ditawari eks rute Batavia Air. Namun dia memberikan pengertian kepada maskapai berlambang singa tersebut.

Sebagai informasi, berdasarakan surat edaran Direktur Angkutan Udara, Dirjen Perhubungan Udara, ada empat maskapai penerbangan yang diwajibkan mengangkut penumpang eks Batavia Air sampai penerbangan 31 Desember 2013. Dengan syarat, penumpang harus melakukan rebooking (pendaftaran ulang) ke maskapai pengganti sampai 31 Juli 2013.

Keempat maskapai penerbangan tersebut adalah  PT Citilink Indonesia, PT Mandala Airlines, PT Travel Express Aviation Service, dan PT Sriwijaya Airlines. Sebagai imbal hasilnya, keempat maskapai penerbangan tersebut akan mendapat slot rute penerbangan eks Batavia Air. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com