Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Tawarkan Obligasi Rp 2 Triliun

Kompas.com - 18/06/2013, 20:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pegadaian (Persero) akan segera menerbitkan obligasi senilai Rp 2 triliun untuk membiayai penyaluran pembiayaan, yang pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp 8 triliun.

Direktur Keuangan Pegadaian Dwi Agus Pramudya menjelaskan obligasi yang akan dirilis pekan ini adalah bagian dari obligasi berkelanjutan sebesar Rp 7 triliun. Bertindak sebagai penjamin emisi adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas. Dijadwalkan, besok, Rabu (19/6/2013) perseroan akan melakukan paparan publik.

"Untuk surat utang yang diterbitkan ini, kami mendapatkan rating 'idAA+' dari Pefindo. Kami berharap mendapatkan bunga yang murah dalam penerbitan obligasi ini," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/6/2013).

Menurut Agus, hingga bulan ini, pembiayaan yang telah disalurkan perseroan mencapai Rp 3 triliun, dan sisanya sebesar Rp 5 triliun diharapkan bisa dilakukan pada sisa waktu 6 bulan ke depan.

Pada tahun 2012, laba bersih perseroan tercatat sebesar Rp 1,9 triliun atau naik 29,03 persen dari akhir 2011 sebesar Rp 1,47 triliun. Untuk tahun ini, perseroan menargetkan bisa meraup laba bersih Rp 2,2 triliun.

Pegadaian menganggarkan belanja modal sebesar Rp 540 miliar pada tahun ini, dan dari jumlah itu sebesar Rp 350 digunakan untuk pengembangan bisnis properti dan sisanya untuk lain-lain, misalnya program IT.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com