Minggu, 21 Desember 2014

Ekonomi / Bisnis

Proyek Monorel Bandara Soekarno-Hatta Segera Berjalan

Jumat, 21 Juni 2013 | 19:33 WIB

KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT Ilustrasi monorel


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Len Industri (Persero) ikut ambil bagian dalam pengerjaan  proyek monorel Bandara Soekarno-Hatta. Perusahaan ini akan mengerjakan bagian persinyalan monorel, sedangkan konstruksi dikerjakan oleh PT Adhi Karya, dan gerbong monorel dikerjakan oleh PT INKA.

Bambang Iswanto, Vice President Strategi Perusahaan PT Len Industri menjelaskan, sampai saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi rencana proyek monorel. Jika selesai, akan disampaikan ke PT Angkasa Pura II sebagai pemilik proyek.

"Rencananya pada Agustus 2013 akan ada tanda tangan kontrak, kemudian dalam waktu 6 bulan akan kami bikin langsung mock up (model awal). Jadi awal tahun depan akan sudah ada mock up," ujar Bambang kepada wartawan di Kementerian BUMN, Jumat (21/6/2013).

Bambang menambahkan, untuk tahap awal, monorel dibangun sepanjang 500 meter dari total panjang keseluruhan. Meski belum selesai semua, tapi masyarakat bisa dapat menaiki monorel itu. "Sedangkan untuk penyelesaian pengerjaannya akan dilakukan 18 bulan setelah kontrak," jelasnya.

Di tempat yang sama, Andra Agussalam, Direktur Keuangan Len Industri bilang, dalam mengerjakan proyek monorel bandara itu, pihaknya memperoleh pendapatan sebesar Rp 200 miliar. "Rencananya kami juga akan jadi operator monorel tersebut untuk 5 tahun pertama," jelas Andra. (Oginawa R Prayogo)


Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber: Kontan