Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Lalu, IHSG Terpuruk Paling Dalam di Asia

Kompas.com - 23/06/2013, 16:23 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Mayoritas indeks acuan di kawasan regional, di luar bursa Jepang, tergerus pada pekan lalu. Jika dibandingkan, pasar saham Indonesia mencatatkan penurunan terburuk.

Mengutip situs Bloomberg, indeks MSCI Asia Pacific di luar indeks Jepang turun 4,5 persen menjadi 420,30. Ini merupakan penurunan mingguan terbesar sejak Mei tahun lalu.

Sementara, jika indeks acuan Jepang juga dimasukkan dalam hitungan, penurunannya mencapai 4,1 persen, penurunan mingguan terbesar sejak 15 Maret 2011.

Sementara itu, pada periode yang sama, indeks Hang Seng Hongkong turun 3,4 persen. Sedangkan indeks Kospi Korea Selatan turun 3,5 persen, indeks S&P/ASX 200 turun 1,1 persen, indeks Straits Times Singapura turun 1,2 persen, indeks Taiex Taiwan turun 1,8 persen, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5,2 persen.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Asia. Beberapa di antaranya yakni Samsung Electronic Co yang turun 3,2 persen di Seoul dan  Agricultural Bank of China Ltd turun 8,6 persen di Hongkong.

Adapun salah satu faktor yang bikin wajah bursa Asia muram adalah sentimen the Federal Reserve terkait pengurangan nilai program quantitative easing pada akhir tahun ini. Kondisi itu menyebabkan dollar AS semakin diminati.

"Adanya pengetatan kebijakan berarti kondisi perekonomian AS semakin menguat. Jika perekonomian AS benar-benar kuar, kinerja emiten juga membaik. Namun, itu bukan kasusnya. ITu sebabnya pasar jatuh," papar Khiem Do, head of Asian multi-asset strategy Baring Asset Management Ltd yang berbasis di Hongkong. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com