Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Sentuh Terendah Tiga Tahun Terakhir

Kompas.com - 26/06/2013, 08:36 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com —
Harga emas tumbang pada perdagangan Selasa (25/6/2013) waktu setempat akibat menguatnya data ekonomi Amerika Serikat (AS). Menguatnya ekonomi AS membuat kinerja saham di Wall Street semringah dan memberikan optimisme terhadap Federal Reserve untuk membeli kembali obligasi.

Di pasar spot, harga emas turun hampir 0,1 persen menjadi 1.275,71 dollar AS per ounce pada pukul 00.10 waktu setempat. Harga emas ini merupakan harga terendah dalam tiga tahun terakhir.

Penurunan kinerja emas belakangan ini mulanya dipicu oleh rencana Gubernur Fed, Ben, yang akan membeli obligasi negara karena adanya perbaikan ekonomi di AS.

Kepercayaan konsumen di AS ke level tertinggi dalam lebih dari lima tahun membuat penjualan rumah AS naik tertinggi sejak 2006.

Sementara itu, Bank sentral India tak bisa lagi memberikan pinjaman kredit emas dan koin emas, menyusul pembatasan pembelian emas untuk mengurangi defisit transaksi berjalan.

SPDR Gold Trust, perusahaan perdagangan emas terbesar dunia, mencatat adanya penurunan stok 16,23 ton, menjadi 969,50 ton pada hari Selasa (25/6/2013), atau stok terendah sejak Februari 2009. (Asnil Bambani Amri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com