Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Buka BUMN Expo

Kompas.com - 27/06/2013, 11:42 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membuka acara BUMN Expo yang digelar selama tiga hari, mulai 27-30 Juni 2013, di Hall A, Jakarta Convention Centre.

Ada yang menarik saat Dahlan akan meresmikan pameran produk unggulan BUMN tersebut. Dahlan justru meminta para wanita yang menjadi anggota tim inovasi dalam BUMN Innovation Award 2013 untuk meresmikan pameran tersebut.

Saat Dahlan meminta wanita untuk naik ke atas panggung, ia terkejut karena hanya ada seorang wanita di dalam tim inovasi BUMN Innovation Award 2013. Wanita itu merupakan tim inovasi dari Pertamina.

"Saya minta didampingi para tim inovasi yang wanita untuk naik panggung. Karena saya kagum bahwa di tengah belantara laki-laki ada sejumlah wanita luar biasa yang bergerak di bidang penelitian dan menekuni inovasi ini," kata Dahlan, di BUMN Expo, JCC, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Selain minta didampingi, ternyata Dahlan juga meminta pegawai wanita itu untuk memukul gong sebagai tanda peresmian BUMN Expo 2013 telah dibuka. Menurutnya,  wanita lebih berhak untuk meresmikan acara tersebut dibanding dirinya.

"Ayo pukul gong ini, anda lebih pantas karena jasa anda lebih besar kepada kami dan Indonesia," kata Dahlan.

Seusai meresmikan BUMN Expo, Dahlan kemudian berjalan mengelilingi pameran produk-produk unggulan BUMN. BUMN Innovation Award itu merupakan penghargaan pertama yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN.

Dahlan pun mengapresiasi BUMN-BUMN yang telah berhasil melakukan inovasi di bidang teknologi dan produk, termasuk BUMN yang telah berperan aktif dalam mendorong berkembangnya praktek inovasi di Indonesia.

Melalu inovasi dan produk unggulan yang ada, kata dia, BUMN siap menghadapi persaingan bisnis mendatang, termasuk menghadapi Asean Economy Community (AEC) pada tahun 2015 mendatang.

Awalnya, peserta kegiatan berjumlah 46 BUMN, namun karena ada 2 BUMN yang mengundurkan diri, yaitu Perum LKBN Antara dan PT Berdikari, dan satu anak perusahaan BUMN, yaitu Pertamina RU V Balikpapan yang digabungkan dengan PT Pertamina.

Pada akhirnya, terdapat 43 BUMN dengan 110 inovasi unggulan BUMN yang berhasil lolos sampai tahap wawancara penjurian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com