Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Naik Tipis

Kompas.com - 27/06/2013, 21:31 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com - Harga kontrak emas mencatatkan kenaikan setelah kemarin (26/6/2013) merosot ke posisi terendah sejak Agustus 2010.

Mengutip Bloomberg, pada pukul 09.17 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengiriman Agustus naik 0,2% menjadi US$ 1.232,80 per troy ounce di Comex, New York. Pada transaksi sebelumnya, kontrak yang sama sempat menanjak 1,2%.

Sekadar mengingatkan, kemarin, harga emas terpuruk ke level US$ 1.221 per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 24 Agustus 2010. Rupanya, harga emas yang kian murah menarik para buyer perhiasan, koin, dan batangan emas.

"Tingginya permintaan fisik emas sangat terlihat jelas dari Asia," jelas Peter Hug, global trading director of Kitco Metals Inc. Dia menambahkan, India dan China merupakan konsumen emas terbesar dunia.

Sementara itu, Phil Streible, senior commodity broker RJ O'Brien & Associates menilai, saat ini pelaku pasar lebih menunggu dirilisnya data ekonomi untuk melihat langkah apa yang akan diambil the Fed. "Pembelian fisik emas akan terjadi untuk sementara waktu karena harga perhiasan turun. Hal itu akan memicu tingginya permintaan," ungkapnya. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com