Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Tarif Angkutan Kereta Api dan Kapal Laut Tidak Naik

Kompas.com - 01/07/2013, 19:45 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com -- Menteri Perhubungan (Menhub) RI, EE Mangindaan berjanji bahwa tarif Angkutan kereta api dan kapal laut tidak akan dinaikkan saat Ramadhan dan Arus Mudik 2013.

"Kenaikan tarif angkutan untuk bus dan angkutan umum lainnya memang tidak bisa dihindari sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi," ujar Mangindaan, Senin (1/7/2013).

Mengantasipasi jumlah pemudik yang menggunakan kenderaan roda dua atau sepeda motor di Jawa, terutama yang keluar dari Jakarta ke daerah lainnya, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi.

"Nanti ada dua kapal khusus yang disediakan untuk mengangkut sepeda motor dan juga ada kereta api khusus," jelas Mangindaan.

Tahun lalu, menurut Mangindaan, ada sekitar 2 juta kendaraan bermotor yang keluar dari Jakarta pada saat musim mudik. Setengah dari jumlah tersebut merupakan kenderaan roda dua. Banyaknya kenderaan roda dua yang keluar dari Jakarta memberikan kontribusi yang tinggi terhadap angka kecelakaan di jalan raya pada saat musim mudik.

"Kami berusaha untuk mengeliminir jumlah korban kecelakaan tahun ini, sebab dari 900an orang yang meninggal di jalan raya pada tahun lalu, terbanyak merupakan pengendara roda dua," tambah Mangindaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com